Cilacap РLestarikan kawasan wisata pantai Widarapayung di Desa Binangun Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang ke-78 dan hari menanam pohon sedunia tahun 2023, Korem 071/Wijayakusuma  berkolaborasi bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah VI, menanam ribuan pohon penghijauan Cemara Laut. Kamis (14/12/2023).

“Penanaman pohon Cemara Laut ini, untuk membantu kelestarian lingkungan hayati khususnya di wilayah Pantai Widarapayung ini, agar tercipta lingkungan yang asri, sehat dan indah serta sebagai penopang kebutuhan udara yang bersih serta sebagai sarana antisipatif penangkal akan terjadinya bencana alam”, ungkap Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P.

Menurutnya, dinamika pembangunan dan hasil-hasilnya selain membawa dampak positif berupa kemajuan-kemajuannya, dapat menimbulkan berbagai ekses negatif seperti pencemaran lingkungan, berkurangnya kawasan hijau dan kerusakan habitat yang bisa berakibat kepada perubahan ekosistem, timbulnya iklim yang ekstrim serta bencana alam.

Karenanya, menilik hal itu, kita harus sikapi dengan baik dan bijak, bagaimana kita bersama-sama untuk bisa memperbaiki kondisi ekosistemnya maupun untuk merawat kelestarian lingkungan hayati ini.

Danrem mengungkapkan, kawasan hijau merupakan sumber daya alam yang mempunyai fungsi sangat penting, untuk pengaturan tata ruang lingkungan yang sehat, tata ruang air, pencegahan bencana alam. Disamping itu, kawasan hijau juga merupakan modal dasar pembangunan baik sebagai sumber plasma Nutfah maupun sebagai sistem penyangga kehidupan.

Danrem menegaskan, upaya untuk menanggulangi ancaman pelestarian kawasan hijau ini, perlu dilakukan secara konseptual dan berkesinambungan serta bersifat menyeluruh dengan mengutamakan kepentingan nasional dan daerah. “Penghijauan dan pelestarian kawasan penyangga kehidupan, bukan semata tanggung jawab pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat juga”, terangnya.

Danrem berharap, dengan ditanamnya 3.000 pohon Cemara Laut itu, dapat mendorong masyarakat untuk lebih mempertebal rasa tanggung jawab dalam mengelola dan memanfaatkan lahan untuk penghijauan demi kelestarian alam dan lingkungan hidup khususnya di wilayah kawasan wisata pantai Widarapayung ini.

Disamping penghijauan, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-78 ini, Korem 071/Wijayakusuma juga melaksanakan bakti sosial menyantuni veteran, warakawuri dan anak yatim piatu.

Terkait dengan santunan itu, Danrem mengatakan, santunan itu sebagai bentuk perhatian TNI AD khususnya Korem 071/Wijayakusuma dan Kodim 0703/Cilacap dan sebagai wahana mempererat silaturahmi Keluarga Besar TNI AD.

“Bakti sosial ini untuk memelihara dan meningkatkan soliditas, solidaritas rasa kebersamaan sehingga terjalin komunikasi yang erat dan baik dengan veteran dan warakawurinya. Begitupula kepada anak yatim, bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan dan kasih sayang kita kepada mereka”, pungkasnya.

(Penrem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *