Ciamis – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 yang digelar oleh Kodim Ciamis kini memasuki tahap kegiatan non fisik dengan fokus utama pada penyuluhan Bela Negara Wawasan Kebangsaan. Penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya peran masyarakat dalam mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).bertempat di Balai Desa lama dusun Kadupandak Kecamatan Tambaksari Ciamis, Selasa (26/9/2023).

Kegiatan TMMD 118 Kodim Ciamis ini merupakan sinergi antara TNI bersama-sama dengan masyarakat dalam upaya membangun wilayah yang lebih baik dan mandiri. Setelah melalui tahap-tahap fisik yang mencakup perbaikan infrastruktur dan pembangunan sarana publik, kini giliran kegiatan non fisik yang dijalankan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat.

Pentingnya penyuluhan Bela Negara Wawasan Kebangsaan dalam TMMD 118 Kodim Ciamis tidak hanya sebagai bentuk edukasi, namun juga sebagai upaya untuk membangun rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan kepedulian terhadap bangsa dan negara. Dalam suasana persatuan dan kesatuan, masyarakat diharapkan dapat bersama-sama membangun NKRI yang lebih maju dan bermartabat.

Komandan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi,S.I.P,M.I,Pol., melalui Danramil 1318/Langensari Mayor Inf Dedi Suhendi¬† mengungkapkan, “Kami berkomitmen untuk memberikan edukasi yang berkualitas kepada masyarakat melalui kegiatan non fisik seperti penyuluhan Bela Negara Wawasan Kebangsaan. Kami percaya bahwa dengan pemahaman yang baik tentang bela negara, masyarakat akan lebih menghargai dan memperjuangkan kedaulatan negara serta memahami nilai-nilai Pancasila sebagai landasan bangsa.”pungkasnya

Kegiatan penyuluhan Bela Negara Wawasan Kebangsaan ini akan melibatkan narasumber terkait, termasuk ahli kebangsaan dan tokoh masyarakat yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam hal bela negara. Diharapkan masyarakat dapat aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini guna mewujudkan generasi muda yang memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

TMMD 118 Kodim Ciamis akan terus mengembangkan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat, baik secara fisik maupun non fisik, demi membangun wilayah yang sejahtera, mandiri, dan berkarakter kebangsaan.

 

(Pendim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *