Talud Longsor Babinsa Bersama Warga Desa Cilibang Lakukan Ini

Cilacap – Hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi menyebabkan kerusakan beberapa fasilitas masyarakat di Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi. Salah satunya berdampak pada saluran drainase tepatnya di depan rumah Turyan warga RT 02/01 Dusun Cironeng, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Selasa (29/11/2022).

Akibat derasnya aliran air membuat saluran drainase eks PNPM 2011 tersebut ambruk sepanjang kurang lebih 5 meter. Selain kerusakan saluran drainase, hujan juga mengakibatkan talud atau penahan tanah tepatnya di depan rumah Sukatmi yang berlokasi di pinggir jalan raya Wangon-Jeruklegi longsor.

Terkait bencana alam yang menimpa warganya, perangkat Desa Cilibang bersama Babinsa Sertu Urip Ashari telah mengecek kondisi awal wilayahnya yang terdampak akibat hujan deras. Dan selanjutnya dari pemerintahan desa setempat telah berupaya memperbaiki agar dampaknya tidak meluas. 

“Saat ini kita bersama warga dibantu Babinsa Cilibang memperbaiki talud yang longsor dengan memanfaatkan material batu yang ada, juga beberapa material bantuan dari pemerintahan desa. Kita juga berharap adanya bantuan dari pihak lain agar pondasi yang berada di pinggir jalan raya Wangon-Cilacap ini kuat karena dibawahnya ada rumah warga,” Ucap Kadus Cironeng Rasim,¬†

Material batu bekas bangunan talud yang tertimbun tanah, digali oleh warga agar bisa dimanfaatkan kembali. Material besi cor coran yang sudah ada juga mulai dirangkai agar nantinya bangunan talud yang dibangun nanti kuat. Sementara itu di lokasi rusaknya drainase, material batu bantuan dari pemerintahan desa juga sudah didistribusikan guna perbaikan saluran drainase eks PNPM tersebut 

 

(Urip)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.