Sertu Wiko Andriyanto Hadiri Pelatihan Pengolahan Sampah 

Cilacap – Anggota Koramil 05/Nusawungu Sertu Wiko Andriyanto mewakili Danramil hadiri giat Pelatihan Pengolahan Sampah dan Sosialisasi Pembentukan Bank Sampah serta aksi bersih sampah serentak bertempat di Pendopo Balai Desa Banjarsari, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Senin (25/09/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Sri Murniati, ST, MSi, Kabid Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas Sampah Kabupaten Cilacap Ady Setiawan bersama Team, Forkopimcam Nusawungu serta Kepala Dinas/Instansi se Kecamatan Nusawungu, Kepala Desa Banjarsari Suratman, Ibu ibu PKK, Para Ketua RW/RT, Pramuka, Pelajar dan masyarakat Desa Banjarsari.

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Nusawungu Misran, SH. MM, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis tentang pengolahan sampah dan pembentukan Bank Sampah oleh Muhamad Nur Hidayat selaku Direktur Bank Sampah Mandiri Cilacap dengan tema “Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”.

Dalam penjelasannya Muhamad Nur Hidayat menjelaskan, Bank Sampah adalah solusi inovatif bagi masyarakat untuk membiasakan memilah sampah dengan menyamakan sampah serupa uang atau barang berharga yang dapat ditabung.

“Dengan demikian, masyarakat terdidik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilainya, sehingga bisa membatasi penimbunan sampah sekaligus ikut menumbuhkan perekonomian kerakyatan dengan harapan 1 desa 1 Bank sampah,” Jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan aksi bersih sampah dengan memungut sampah yang ada di sekitar Pasar Ketapang Desa Banjarsari. Kegiatan aksi bersih bersih sampah ini adalah untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang perilaku hidup sehat dan bebas dari penyakit. 

Sementara itu Babinsa Sertu Wiko Andriyanto dalam sela kegiatan menghimbau dan mengajak kepada masyarakat agar lebih bijak dalam mengelola sampah, guna menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Peran aktif seluruh masyarakat dan pihak terkait sangat diperlukan, agar tujuan program pengelolaan sampah ini dapat tercapai sesuai dengan harapan,” Harapnya. 

 

(R.05/Pendim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.