BMPN 2021, Babinsa Tanam Pohon di Kawasan Hutan Desa Negara Jati KRPH Kecamatan Cimanggu

Cilacap – Danramil 14/Cimanggu dalam hal ini diwakili oleh Babinsa Serda Pandu Iriyanto menghadiri undangan dalam acara penanaman dan penyulaman pohon di kawasan hutan wilayah Desa Negara Jati KRPH, Kecamatan Cimanggu, Minggu (5/12/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut, ITC Pertamina RU IV Cilacap Widodo Setyo, Kabid Penataan DLH Kabupaten Cilacap Jamaludin, Camat Cimanggu Bambang Tetuko,S,Sos,M,Si, Danramil Cimanggu diwakili Serda Pandu Polsek Cimanggu Brigadir Wahyudin, CDK  Wilayah 6 Purwokerto Sahuri, Mantri KPH wilayah Kecamatan Cimanggu Jayus, Kades Negara jati Wasko, Ketua dan anggota pencinta Alam wilayah Kecamatan Cimanggu sekitar 100 orang.

Dalam sambutannya Kabid Penataan DLH Kabupaten Cilacap Jamaludin menyampaikan kegiatan penyulaman pohon di kawasan hutan wilayah Desa Negara Jati KRPH dilaksanakan terkait Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN) yang jatuh pada bulan desember.

“Adapun tujuan penanaman pohon adalah untuk menjaga lingkungan hidup khususnya di wilayah hutan untuk tidak terjadi bencana Alam terutama longsor dan banjir. Penanaman pohon kelak akan menjadi warisan bagi anak cucu dimasa akan datang,” ucapnya.

Selanjutnya, penanaman pohon bukan hanya sekedar penanaman saja tetapi harus selalu ada  perawatan dan penataan secara rutinitas agar bisa tumbuh dan berkembang secara cepat dan terjaga.

“Sasaran dari kegiatan ini dapat tercapai apabila dibarengi dengan perawatan secara intensif, terlebih dimasa awal penanaman harus lebih ekstra karena ini menentukan keberhasilan penanaman pohon agar bisa tumbuh dengan baik,” tutupnya.

Babinsa Serda Pandu yang turut menanam pohon bersama peserta lainnya menuturkan kegiatan penanaman pohon juga terkait penyulaman tanaman guna rehabilitasi hutan dan lahan DAS Citanduy. Menanam pohon merupakan hal yang positif, selain fungsinya yang sangat penting bagi kehidupan manusia, menanam pohon menjadi amal jariyah bagi yang menanamnya.

“Kita tahu, pohon punya fungsi yang sangat penting bagi manusia, diantaranya menjadi sumber O2 (oksigen), menyerap polusi udara seperti CO2 (Karbon) dan menjadi sarana mitigasi bencana seperti pencegah banjir dan tanah longsor, jadi mari kita mulai menanam pohon untuk kebaikan kita semua,” tuturnya.

*Oke *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *