Pimpin Korps Raport Purna Tugas dan Pindah Satuan, Ini Pesan Dandim 0703/Cilacap

Cilacap – Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, memimpin Acara Korps Raport Purna Tugas Danramil 18/Cilacap Utara Mayor Inf Joko Yunanto dan Pindah Satuan Serda Tofik Hidayat ke Kodim 1703/Deiyai Kodam XVII/Cenderawasih, di Aula Satya Kartika, Markas Kodim 0703/Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (11/10/21).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Ny. Ninda Andi Afandi beserta pengurus, Kepala Staf Kodim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo beserta Perwira Staf dan Danramil Jajaran, serta Ketua Ranting dan anggota Persit Kodim 0703/Cilacap.

Selain acara Korps raport Purna Tugas dan Pindah Satuan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Ranting 19 dari Ny. Joko Yunanto kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII yang ditandatangani langsung oleh Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Ninda Andi Afandi. 

Dalam amanatnya, Dandim Letkol Inf Andi Afandi mengatakan bahwa dengan diserahkannya tugas tanggungjawab wewenang Danramil 18/Cilacap Utara kepada Dandim, maka tanggung jawab dan 

Komando Pengendalian ada di bawah Dandim namun pelaksanaan tugas ada di Batuud sebelum ada pergantian skep yang baru.

“Pada hari ini, serah terima tugas tanggungjawab wewenang sudah saya tandatangani sehingga Koramil 18/Cilacap Utara sebelum ada pergantian skep yang baru, secara Komando Pengendalian ada di bawah Dandim namun pelaksanaan tugas ada di Batuud,” Jelas Dandim.

Kepada Serda Tofik Hidayat yang pindah satuan Kodim 1703/Deiyai Kodam XVII/Cenderawasih, Dandim juga mengatakan bahwa pada dasarnya tentara itu harus siap ditempatkan dimana saja, sehingga seyogyanya pengalaman tugas di Kodim 0703/Cilacap ini bisa dijadikan bekal di Satuan baru nantinya.

Pindah satuan ini seyogyanya dimaknai dengan baik, jangan takut bayangan, karena pada dasarnya di Papua itu masih wilayah NKRI, cuma yang harus disiapkan adalah bagaimana menyiapkan keluarga yang harus ikut, karena juga harus adaptasi di lingkungan yang baru nantinya,” Jelas orang nomor satu di Kodim Cilacap ini.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga menghimbau kepada Kasdim dan Pasipers agar dalam menata Satuan Kodim Cilacap diharapkan harus banyak menyerap anggota TNI AD yang sebenarnya putra daerah. Karena menurutnya, walaupun tidak bertujuan untuk mengkotak kotakkan namun seyogyanya yang berdinas di satuan teritorial seperti Kodim adalah putra daerah karena hampir 90 persen, Satuan Teritorial merupakan terminal terakhir pengabdian seorang TNI sebelum memasuki masa pensiunnya.

“Pasipers, Kasdim, dalam memetakan jabatan, permintaan jabatan ke Kodam, Korem atau Satuan Operasional, maka pilihlah putra daerah Cilacap asli ataupun bukan orang Cilacap namun istrinya orang Cilacap sehingga secara urgensi penugasan siap mengabdi ke Cilacap,” Pintanya.  

Kepada Mayor (Har) Joko Yunanto dan Serda Tofik, Dandim menegaskan, cepat atau lambat pasti akan pensiun, akan tergantikan oleh generasi generasi selanjutnya. Untuk itu Dandim mengucapkan terima kasih kepada Mayor  Inf Joko Yunanto dan keluarga atas dedikasi dan pengabdian yang luar biasa dalam membina anggota TNI dan Persit di Koramil 18 Cilacap Utara yang telah merangkum kekeluargaan yang luar biasa. 

Masa Persiapan Pensiun ini laksanakan kesempatan ini dengan baik, negara memberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri kembali ke masyarakat dengan harapan pada saat pensiun nanti tidak ada kendala dan hambatan, tetap jalin hubungan dan kerjasama dengan Kodim 0703/Cilacap. Kemudian kepada Serda Tofik, jadikanlah pengalaman penugasan di Kodim Cilacap sebagai bekal penugasan di satuan yang baru,” Ucap Dandim Letkol Inf Andi Afandi.

Kepada keluarga besar Kodim 0703/Cilacap, Dandim juga berharap, agar di tahun 2021 jajarannya lebih meningkatkan tugas dan kinerjanya terutama dalam penanganan pandemi Covid-19, karena menurutnya, Kodim Cilacap menjadi tumpuan akselerasi vaksin. Dandim mengharapkan agar per Minggu bisa melaksanakan vaksin 200 ribu dosis, karena untuk wilayah Cilacap telah menerima 1,5 juta dari Kementerian Kesehatan RI sehingga sebelum memasuki tahun 2022, Cilacap sudah tembus diatas 60 persen. 

(Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *