Asuransi dan Jaminan Hari Tua Disosialisasikan Kepada Nelayan Kabupaten Cilacap

Cilacap – Sertu Isminanto mewakili Danramil 01/Cilacap menghadiri kegiatan sosialisasi dan gerai kepesertaan asuransi dan jaminan hari tua bagi nelayan di Kabupaten Cilacap yang digelar di depan Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) yang berlokasi di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Rabu (6/10/21).

Hadir dalam sosialisasi tersebut antara lain Kepala Kantor PPSC Cilacap Imas, Direktorat Jenderal Pelayanan dan Perizinan Jati Pramono, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Jawa Tengah yang di wakili Lilik Widodo, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Didik Pradipta, SH.M.Si., Forkopimcam Cilacap Selatan, Lurah Tegalkamulyan serta perwakilan HNSI Cilacap.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Jateng  mengungkapkan, Kementerian kelautan dan perikanan mengucapkan terima kasih kepada segenap tamu undangan yang telah hadir dalam acara ini dan terus mendorong para nelayan agar memiliki perlindungan diri melalui asuransi 

“Langkah cepat ini juga sejalan dengan diterbitkannya PP Nomor 27 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan di bidang kelautan dan perikanan yang salah satu substansinya mengatur tentang asuransi nelayan dan jaminan hari tua,” Jelas Lilik Widodo.

Dia juga mengungkapkan rangkaian sosialisasi kepada nelayan sudah mulai dilakukan, baik melalui program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) maupun Asuransi Nelayan Mandiri. Berbagai pihak pelayan jasa asuransi akan kita ajak juga di setiap sosialisasi.

Dengan melakukan sosialisasi dan gerai kepesertaan asuransi nelayan, akan menjamin hari tua bagi para nelayan di Kabupaten Cilacap,” Ungkapnya .

Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri 50 nelayan Kabupaten Cilacap serta beberapa mitra penyedia jasa asuransi nelayan seperti BPJS Ketenagakerjaan, DPLK BRI, serta Jasindo yang telah mau bekerjasama dengan Ditjen perikanan tangkap. 

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Jateng, tujuan sosialisasi tersebut digelar adalah untuk memberikan pemahaman pentingnya asuransi bagi nelayan dan menumbuhkan minat berasuransi bagi nelayan kecil secara mandiri. 

“Asuransi nelayan dapat menjamin kegiatan nelayan yang lebih baik dalam usaha penangkapan ikan sehingga hak-hak dan kewajiban nelayan akan menjadi jelas dan terlindungi dalam usaha penangkapan, nelayan akan menjadi tentram dan nyaman dalam melaut, karena kita sama-sama menyadari profesi ini memiliki resiko yang sangat tinggi,” Tandasnya 

Menyikapi kegiatan sosialisasi tersebut, Sertu Isminanto yang juga selaku Babinsa Tegalkamulyan mengapresiasi langkah Dirjen Perikanan Tangkap Jateng yang akan mengikutsertakan para nelayan di wilayah Kabupaten Cilacap untuk memiliki asuransi sehingga harapannya akan menjamin hari tua nelayan yang da di wilayahnya.

“Langkah ini tentu sangat tepat. Selaku Aparat TNI, upaya ini tentu harus kita dukung bersama, para nelayan di wilayah Kabupaten Cilacap khususnya di Kelurahan Tegalkamulyan saya himbau agar ikut semua sehingga masa depan akan terjamin,” Ucap Sertu Isminato.

(Urip/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *