Babinsa Pelda Turut Hadiri Musrenbangdes RKPD Desa Klumprit Nusawungu

Cilacap – Babinsa Klumprit, Koramil 05 Nusawungu Pelda Turut menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) terkait Penetapan Rencana Pemerintah Desa (RKPD) Tahun 2022 dan Daftar Usulan RKPD Tahun 2023 bertempat di Pendopo Balai Desa Klumprit, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Rabu (15/9/2021).

Hadir dalam kegiatan, Camat Nusawungu Agus Supriyono S.Sos, M.Si,  Babinsa Desa Klumprit Pelda Turut, Bhabinkamtibmas Desa Klumprit Aiptu Nurkomar, Kepala Desa Klumprit Tohirin beserta Perangkat, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Hartati S. Sos, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Tunut Widodo S.Ag, Ketua BPD Budiyono beserta Anggota, Tokoh agama/Tokoh masyarakat dan Ketua RW/RW se-Desa Klumprit.

Pelda Turut menuturkan pointer terkait Musyawarah Rencana Pembangunan Desa  di wilayah binaanya tersebut dasarnya adalah Permendes No.07/2021 Tentang penggunaan Dana Desa dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya di Desa yang diarahkan untuk memperkuat adaptasi kebiasaan baru dan pemulihan ekonomi nasional dengan kewenangan desa.

“Beberapa hari yang lalu BPD sudah menampung beberapa aspirasi dari masyarakat melalui musyawarah dusun (Musdus) dalam rangka  penyusunan RKPD Tahun 2022 dan DU RKPD Tahun 2023,” tuturnya.

Prioritas Pembangunan Desa nantinya diarahkan untuk program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa melalui pertama pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa diantaranya penanggulangan kemiskinan, untuk mewujudkan Desa tanpa kemiskinan. 

Kedua, Pembentukan pengembangan dan peningkatan kapasitas pengelolaan badan usaha milik Desa/Badan usaha milik Desa bersama untuk pertumbuhan ekonomi Desa secara merata.

“Dan ketiga, pembangunan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola badan usaha milik Desa/Badan usaha milik desa bersama untuk mewujudkan konsumsi dan produksi Desa sadar lingkungan. Selama Musrenbangdes dipandu oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Suhartati S.Sos dan Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Nusawungu Tunut S.Ag dan berjalan dengan tertib dan lancar serta mempertahatikan Protokol Kesehatan,” pungkasnya.

R05oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *