Cegah Stunting, Babinsa Bersama Tim Kesehatan Sosialisasikan 5 Pilar STBM Kepada Masyarakat

Cilacap – Cegah Stunting di masyarakat, Babinsa Klumprit Koramil 05/Nusawungu Pelda Turut bersama Tim Kesehatan Puskesmas Nusawungu, sosialisasikan 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Salah satunya dilaksanakan di rumah Lujiyanto (Kadus Klumpit Kulon) di RT 03/01 Desa Klumprit Kecamatan Nusawungu, Senin (13/9/21). 

Tim Puskesmas Nusawungu I sendiri dipimpin Suwarto didampingi Babinsa Klumprit Pelda Turut, Kades Klumprit yang diwakili Kadus 1 Lujiyanto, Ketua TP PKK Desa Klumprit Rina Setiyani, Ketua TP PKK Dusun Klumprit Kulon Sumarni serta Kader PKK RT se-Dusun Klumprit Kulon.

Dalam sosialisasinya, Tim Kesehatan dari Puskesmas menjelaskan tentang 5 Pilar STBM diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

Cegah Stunting dapat diimplementasikan melalui 5 Pilar STBM dengan cara peningkatan akses air minum yang aman, peningkatan akses sanitasi yang layak dan perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dimulai dari rumah tangga. 

Hal ini sebagai upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Penerapan 5 Pilar STBM diharapkan dapat memutus mata rantai penularan penyakit akibat lingkungan.

(Urip/05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *