Babinsa Bersama BPBD dan Warga Madusari, Kerja Bakti Atasi Tanah Longsor

Cilacap – Hujan deras dan kurangnya tumbuhan penguat menyebabkan tanah di sekitaran Dusun Cipicung, Desa Madusari, Kecamatan Wanareja, longsor mengancam pemukiman warga yang ada di sekitarnya. Salah satunya rumah Rusman, warga RT 01/03 Dusun Cipicung, Madusari.

Mengantisipasi adanya longsoran susulan, Babinsa Madusari Koramil 16/Wanareja Serka Abdul Rochmat bersama BPBD Majenang, Kades Madusari dan warga Dusun Cipicung melaksanakan kerja bakti penanganan longsor di Dusun Cipicung RT 01 RW 13 Desa Madusari, Minggu (12/9/21).

Kegiatan diikuti Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Wijonardi beserta anggota, Babinsa Serka Abdul Rochmat, Kades Madusari Sukrayatno beserta perangkat Desa Madusari dan 100 orang warga Dusun Cipicung. 

Penanganan tanah longsor menggunakan karung kandi bantuan dari BPBD sebanyak 150 lembar yang diisi dengan tanah dan ditata bersilangan membuat tanggul penahan. Dengan semangat kegotongroyongan warga dengan aparat yang ada, kerja bakti mencapai 40 % dari sasaran yang ada. Direncanakan kegiatan kerja bakti akan di lanjutkan minggu depan.

Babinsa bersama BPBD sama-sama menghimbau kepada warga masyarakat dan desa, agar lokasi tanah longsor ditanami kayu tahunan, trembesi dan aren sehingga bisa menahan tanah apabila musim hujan kembali turun. Selain itu juga mengusulkan agar irigasi yang ada di atas segera diperbaiki.

“Kita juga menghimbau kepada bapak Rusman sekeluarga untuk hati-hati, dan waspada bila ada hujan lebat, lebih baik mengungsi ke keluarga terdekat atau tetangga yang lokasinya lebih aman,” tutur Serka Abdul Rochmat.

(Urip/16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *