Babinsa Apresiasi Aksi World Clean Up Day Bersihkan Pantai Kemiren 

Cilacap – Babinsa Tegalkamulyan, Koramil 01 Cilacap, Sertu Isminanto mengapresiasi kegiatan World Clean Up Day bersama komunitas komunitas pemerhati lingkungan wilayah Cilacap dalam aksinya membersihkan sampah di sepanjang Pantai Kemiren, Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, pada Minggu (12/09/2021).

Menurutnya kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan yang baik yaitu untuk mewujudkan lingkungan di pesisir pantai yang bersih dan indah.

“Kami apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari komunitas komunitas yang dimotori oleh World Cleanup Day yang merencanakan dan melaksanakan kegiatan pagi ini yaitu bersih bersih lingkungan di pesisir Pantai Kemiren Cilacap,” ujarnya.

Lebih lanjut Babinsa mengajak dari komunitas yang ada di Cilacap dan masyarakat sekitarnya agar punya rasa kepedulian tentang kebersihan lingkungan di pesisir pantai dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Alhamdulillah dengan adanya bersih bersih pantai di kemiren, sampah sampah yang berserakan dapat dibersihkan. Melalui kegiatan ini mengajarkan generasi muda agar selalu peduli dengan lingkungan di sekitarnya dan kepada masyarakat sekitarnya juga selalu berperan aktif dalam menjaga keasrian serta kebersihan pesisir pantai,” ajak Babinsa.

Kondisi Pantai kemiren saat ini mengalami abrasi pantai karena air pasang, air rob sudah mengikis bibir pantai, abrasinya kurang lebih 5  meter dari bibir pantai, sehingga ada beberapa pohon Cemara yang tumbang diterjang air laut. 

Terkait kegiatan tersebut, Ketua Komunitas World Cleanup Day Anggi menjelaskan aksi bersih bersih pantai merupakan wujud kepedulian komunitasnya terhadap kondisi lingkungan pantai yang kotor dan banyak sampah berserakan. Kegiatan ini melibatkan berbagai komunitas lokal di Cilacap bersama Mitra Bina Wijaya dan masyarakat setempat bergerak bersama membersihkan Pantai Kemiren.

“Kami dari Komunitas mengajak masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, jangan membuang sampah di sungai. Selain dapat menyebabkan banjir saat musim hujan, sampah yang terbawa arus hingga ke pesisir pantai,mengakibatkan lingkungan di pesisir pantai tidak asri lagi,” jelasnya.

R01oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *