Serka Abdul Rochmat Bersama Forkompincam Wanareja, Dampingi Penilaian Lomba Kampung Sehat

Cilacap – Serka Abdul Rochmat mewakili Danramil 16/Wanareja bersama unsur Forkompimcam lainnya melaksanakan pendampingan penilaian lomba Kampung Sehat yang dilaksanakan Puskesmas Wanareja I di Dusun Cimalati RT 01 dan RT 02, RW 09 Desa Madusari, Kecamatan Wanareja, Rabu (8/9/21).

Hadir dalam kegiatan Sekcam Wanareja Karsan, S.Ip, Serka Abdul Rochmat, Aiptu Jumala dari Polsek Wanareja, Kepala UPT Puskesmas Wanareja 1 dr. Teguh Wibowo, Kesra Kecamatan Wanareja Lasmiyatun, Kades Madusari Sukrayatno, Bidan Desa Madusari Neni, Amd, Keb, Kadus Cimalati dan Warga RW 09 Dusun Cimalati.

Tim Penilai, terdiri dari dr Teguh Wibowo sebagai penilaian tentang Covid-19, Ibu Alit penilaian tentang PKK, Yulius AP, AMKL penilaian tentang kesehatan lingkungan, Novia Damayanti penilaian tentang promkes dan Nevri penilaian tentang kesehatan ibu dan anak.

Adapun komponen penilaian kriteria Kampung Sehat meliputi Kelembagaan Kampung Sehat, Peningkatan perilaku hidup sehat, Pemberian ASI Eksklusif, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Rumah terdapat jendela di fungsikan / di buka untuk pertukaran udara dan masuknya cahaya matahari, Pelaksanaan desa siaga.

Peran Posyandu, peningkatan gizi dan penurunan angka kematian ibu dan anak, Peningkatan Germas, Pencegahan DBD, Kriteria tambahan Kampung Sehat ( keasrian, kampung hijau,  tanaman toga, kebun gizi,  kepesertaan jaminan kesehatan,  akses ke faskes, waktu tempuh ke faskes tingkat 1 dan waktu tempuh ke faskes tingkat 2) dan Pencegahan dan penanganan Covid-19.

Menurut Sekcam Wanareja Karsan, lomba Kampung Sehat sebenarnya  di agendakan bulan Juni 2021 kemarin namun dikarenakan beberapa hal, baru terealisasi pada bulan September ini. Lomba Kampung Sehat tingkat Kecamatan terdiri dari 1 RW di 5 Desa di wilayah Kecamatan Wanareja dan pemenang lomba akan mewakili Kecamatan Wanareja pada lomba Kampung Sehat se-Kabupaten Cilacap. 

“Penilaian Kampung Sehat meliputi,  tentang Covid, PKK, Kesehatan Lingkungan, Promkes dan gizi. Desa yang menjadi juara lomba Kampung Sehat akan dibimbing oleh Kecamatan untuk lomba tingkat Kampung Sehat di tingkat Kabupaten nantinya,” Ungkap Karsan.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala UPT Puskesmas 1 Wanareja dr. Teguh Wibowo juga menilai bahwa dalam penyiapan Kampung Sehat, dalam lomba kampung sehat ini tiap desa sangat maksimal. Dalam pelaksanaan penilaian lomba kampung sehat, Kepala Desa dan jajarannya serta warga masyarakat juga tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Lomba kampung sehat ini bukan cuma lomba, tetapi kedepannya dapat menjadi contoh bagi kampung yang lain meliputi kesehatan lingkungan, PKK, kesehatan ibu dan anak, promkes dan penanganan covid serta adanya pembinaan kesehatan bagi kaum lansia melalui senam kesegaran jasmani dan lainnya. Di dusun Cimalati RW 9 desa Madusari ini, warganya juga sudah tidak yang buang air sembarangan,” kata dr. Teguh Wibowo. 

(Urip/16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *