Jenazah PMI Asal Kampung Laut Cilacap, Dipulangkan Dari Taiwan 

Cilacap – Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Cilacap yang meninggal dunia di luar negeri (Taiwan), jenazahnya dipulangkan ke Indonesia secara gratis menuju desa asalnya yaitu di Desa Ujung Gagak Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap, Sabtu (21/8/21).

Diketahui, jenazah asal Dusun Karanganyar RT 003/06 desa Ujung Gagak yang diketahui bernama Slamet, meninggal dunia di Taiwan pada tanggal 21 Juni 2021. Dikarenakan disana sedang Lockdown sehingga pemulangan jenazah baru dilakukan pada hari Jumat tanggal 20 Agustus 2021 dengan menggunakan pesawat Charter Batik Air dari Bandara Kaohsiung Taiwan dan tiba di Bandara Sukarno-Hatta Cengkareng pada hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2021 pada pukul 03.10 WIB.

Pemulangan jenazah Almarhum Slamet bersama 7 jenazah lainnya yang meninggal dunia di Taiwan. Setibanya di Indonesia, jenazah dibawa menggunakan Ambulance yang disiapkan oleh BP2MI wilayah Serang untuk selanjutnya dipulangkan menuju alamat asal.

Sementara itu, di desa asalnya, pihak keluarga yang telah menunggu, menyambut kepulangan jenazah Almarhum. Turut hadir menyambut jenazah, Kasi Trantibum Kecamatan Kampung Laut Haryanto, Babinsa Koramil 09 Kawunganten Serda Suparjo Asngari, Bhabinkamtibmas Polsek Kawunganten Bripka Rubangi, S.H, dan Kepala Desa Ujung Gagak Juwandi.

Saat dikonfirmasi, Babinsa Ujung Gagak Serda Suparjo Asngari menjelaskan, jenazah tiba di rumah duka pada pukul hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2021 pada pukul 14.50 WIB dan setelah disholatkan, selanjutnya dimakamkan di TPU Indralaya Nusakambangan. 

“Pemulangan jenazah melewati mobil dari PT. Yayasan Kusuma Wardhana dengan plat nomor B 1956 CH. Tiba pada pukul 14.50 WIB tadi siang dan selanjutnya setelah disholatkan, jenazah Almarhum Slamet dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Indralaya Nusakambangan,” Jelas Serda Suparjo Asngari.

Sebelumnya kita bersama Bhabinkamtibmas juga memberikan pemahaman terhadap keluarga duka dan masyarakat setempat tentang protokol pemakaman sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19. Kita juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah duka dan area pemakaman,” Pungkasnya.

Lilis Lianawati, isteri Almarhum Slamet mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berjasa memulangkan almarhum suaminya ke Indonesia hingga tiba di desa asalnya di desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan semua pihak yang telah mengurus kepulangan jenazah suami saya hingga akhirnya dapat dimakamkan di kampung halamannya. Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih,” ucapnya.

(Urip/09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *