Lancarkan Transportasi Petani, Babinsa Bersama Warga Bersihkan Jalan di Area Persawahan 

Cilacap – Lancarkan transportasi para petani dalam memanen hasil pertaniannya, Anggota Koramil 07/Maos Sertu Marhadi bersama dengan Gapoktan Restu Jaya dan Kelompok Tani Keong Kencana, melaksanakan penataan jalan di lokasi pertanian Desa Sidasari Kecamatan Sampang, Kamis (19/8/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Sidasari Sarifudin, SH., Babinsa Sertu Marhad, PPL Desa Sidasari Maryanto, Ketua Gapoktan Restu Jaya Maryoto serta Para Ketua Kelompok Tani dan Anggota.

Sasaran pengerjaan penataan jalan sepanjang 500 meter dengan lebar 1,5 meter dilakukan dengan menggunakan alat cangkul dan alat pertanian lainnya. Penataan jalan tersebut dilakukan dikarenakan jalan yang merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian warga masyarakat desa Sidasari sudah rusak dan banyak yang berlubang atau tidak rata sehingga diperlukan perbaikan sebelum musim panen tiba.

Dijelaskan Sertu Marhadi, kegiatan ini bertujuan untuk memperlancar mobilitas pertanian, memperlancar pendistribusian bibit, pupuk ke lokasi tanam, pengangkutan sarana hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penampungan dan pasar, menekan alih fungsi lahan, meningkatkan jiwa bercocok tanam ke petani yang aktif dan pasif dan lainnya. Intinya penataan jalan harus segera kita perbaiki agar para petani mudah dalam transportasi hasil pertaniannya,” Jelasnya.

Kepala Desa Sidasari Sarifudin mengungkapkan, jalan yang sering dilalui oleh para petani dalam mengangkut hasil pertaniannya banyak yang rusak serta banyak tumbuh rumput dan ilalang lainnya sehingga jalan terkesan tidak terawat dan kumuh sehingga sebelum musim tanam tiba nantinya, jalan ini kembali bersih dan mudah dilewati petani dalam mengolah lahan pertaniannya.

“Saat ini musim tanam belum tiba sehingga waktu yang ada kita lakukan penataan jalan agar nantinya jalan yang sering dilalui oleh para petani, bersih dan rata sehingga harapannya dapat memperlancar transportasi petani baik menuju area persawahannya maupun saat musim panen nantinya,” Ungkapnya.

(Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *