Antisipasi Takbir Keliling Idul Adha 1442 H, Aparat TNI, Polri dan Pemda Cilacap, Apel Gelar Pasukan

Cilacap – Antisipasi Takbir Keliling perayaan Idul Adha 1442 H Tahun 2021 M di Wilayah Kabupaten Cilacap, Aparat TNI, Polri, Pemda dan Aparat Keamanan lainnya, melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Krida Nusantara, Jln. Tentara Pelajar, Kecamatan Cilacap Utara, Senin (19/7/21).

Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, SH, S.I.K, M.SI. dan Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P. Selain Anggota TNI dari Jajaran Kodim 0703/Cilacap dan Anggota Polres Cilacap, gelar pasukan diikuti oleh Anggota Satpol PP, Dishub, Pemuda Pancasila dan Banser.

Dalam sambutannya, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi mengatakan, Apel Gelar Pasukan ini merupakan salah satu wujud sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dalam memegang kunci-kunci keamanan, ketertiban, dan kelancaran kegiatan kemasyarakatan, dimana menjelang hari Raya Idul Adha, umat muslim akan melaksanakan kegiatan peribadatan. Untuk itu, Kapolres mengajak agar Aparat Keamanan memberikan rasa aman dan nyaman dan sesuai instruksi pemerintah daerah, agar peribadatan dilaksanakan di rumahnya masing-masing dan tidak boleh menimbulkan kerumunan massa.

“Khusus mulai malam ini tidak dilaksanakan takbir keliling, takbir dilaksanakan di rumah maupun masjid masing-masing. Untuk itu, saya harapkan masyarakat dapat patuh, tertib dan disiplin karena disiplin merupakan salah satu kunci dalam mengurangi penyebaran Covid-19 saat ini,” Tegas Kapolres

Kapolres juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Aparat Keamanan yang saat ini hadir karena hal ini menunjukkan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan persiapan Idul Adha yang besok akan dilaksanakan. Kapolres juga mengingatkan kepada Aparat Keamanan untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan dan patuhi 5M baik di seputaran tempat-tempat publik maupun lingkungan serta untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dan juga keluarga.

“Ini saya ingatkan karena banyak dari rekan-rekan kita baik dari Nakes, TNI, Polri maupun dari Dinas lainnya yang menjadi korban. Hal ini perlu kita ingatkan karena Dharma bakti kita, pengabdian kita, pikiran dan tenaga kita dinantikan dan diharapkan masyarakat. TNI, Polri dan Pemda adalah Garda Terdepan dalam penanganan Covid-19. Tetap semangat dan tetap selalu berdoa, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kelancaran dan perlindungan dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kita,” Pungkasnya.

Komandan Kodim Letkol Inf Andi Afandi menambahkan, bahwa Apel Gelar Pasukan dalam rangka mengantisipasi Takbir Keliling perayaan Idul Adha 1442 H Tahun 2021 M ini harus dilaksanakan karena menurut Dandim, fase ini merupakan fase krusial dimana satu sisi dihadapkan dengan penanganan Covid-19 dan disatu sisi ada perayaan hari agama yang tidak boleh dikesampingkan dan hal ini harus mendapatkan perhatian khusus dan ada kebijakan didalamnya.

“Mari kita sukseskan, intinya adalah bagaimana keamanan untuk hari ini dan seterusnya bisa tercapai. Di satu sisi kita harus menekan laju perkembangan Covid-19 dan di satu sisi juga tidak mengurangi keberkahan dalam peribadatan dalam menyambut hari besar, hari Raya Idul Adha,” Tandas Dandim. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *