Sinergitas TNI, Kodim Cilacap Dukung Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim

Cilacap – Sinergitas TNI mendukung dalam program percepatan vaksinasi dilakukan Kodim 0703 Cilacap dengan mendukung kegiatan Serbuan Vaksin Serentak Masyarakat Maritim yang digelar Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap bertempat di Halaman Gedung pertemuan PPSC Karangmuliya Jln. Lingkar Timur No.2, Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Sabtu (17/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos, Dandim 0703/Cilacap yang diwakili Pasi Ops Kapten Chb Sutarman, S.H, Danramil 05/Nusawungu Kapten Cba. M. Isa Saefudin, Kepala Dinkes Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si, Sekdin Farid (p), para Perwira Staf dan Kasatker Lanal Cilacap, Tim Vaksinator dan para peserta Vaksinasi.

Dandim 0703 Cilacap melalui Pasiops Kapten Chb Sutarman menjelaskan adapun Tim Vaksinator merupakan tim gabungan yang terdiri dari 1 Tim Vaksinator dari Rumkitban 04.08.01 Cilacap, 1 Tim Vaksinator BK Lanal Cilacap dan 1 Tim Vaksinator KKP Kelas ll Cilacap.

“Untuk serbuan vaksinasi ini menggunakan vaksin jenis sinovac dengan peserta berjumlah 500 orang yang terdiri dari masyarakat maritim dan nelayan Kabupaten Cilacap,” jelasnya.

Setiap peserta vaksinasi wajib melewati SOP atau prosedur yang sudah ditetapkan pihak penyelenggara agar berjalan dengan tertib. Adapun alur tata cara pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dimulai dari pendaftaran, pemeriksaan suhu tubuh dan tensi (tekanan darah), dilanjutkan verifikasi data.

“Selain itu peserta harus ke tahap Screening baru bisa disuntik vaksin. Untuk menghindari hal hal yang tidak diingin pihak penyelenggara menyediakan tempat observasi untuk mencegah adanya efek samping vaksin yang mungkin dialami peserta,” tambahnya.

Perlu diketahui, program vaksinasi masyarakat maritim ini dilakukan untuk mendukung program percepatan vaksinasi sebanyak 1 juta orang per hari di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.

“Tujuan Vaksinasi adalah untuk membuat warga yang divaksin memiliki sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut, sehingga secara umum tercipta kekebalan secara komunitas. Disamping itu kita harus tetap menerapkan Protokol kesehatan Covid-19 meskipun sudah divaksin,” tandasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *