Turun Kesawah Satgas TMMD Bantu Warga Panen Padi

Banjar – Satgas TMMD ke- 111 Kodim 0613/Ciamis saat turun ke sawah untuk membantu panen padi para petani di Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota  Banjar.

Warga pemilik sawah ibu lasmi bersama warga lainnya yang sebagian besar  petani merasa senang saat Satgas TMMD Kodim 0613/Ciamis ikut bergabung memanen padi tersebut.

Satgas TMMD mengingatkan petani tetap menjalankan protokol kesehatan. Menggunakan alat tradisional seperti arit, dengan semangat kegotongroyongan, panen padi dapat dikerjakan dengan ringan, hanya butuh waktu sekitar 3 jam padi sudah selesai dipanen.

Selanjutnya tinggal merontokkan butir-butir padi menggunakan mesin perontok yang sengaja dibawa ke tengah sawah.

lasmi (57) merasa senang dan bangga dengan kepedulian anggota Satgas TMMD Kodim 0613/Ciamis yang sampai sekarang masih peduli dengan para petani.

“Tiap waktu ada anggota Satgas TMMD yang memberikan penyuluhan tentang pertanian, memberikan pengalaman cara bertani yang benar,” katanya.

Anggota satgas TMMD, Sertu Deden mengatakan di samping tugas sehari-hari sebagai Satgas TMMD ke 111 yang bekerja di lokasi TMMD, juga menyempatkan untuk terjun langsung memberikan penyuluhan serta memberikan saran, pengalaman dalam bertani khususnya petani sawah.

“Sudah menjadi program TNI untuk melaksanakan pendampingan TNI kepada masyarakat dan ini bagian dari non fisik melalui penyuluhan pertanian,” ungkapnya.

Mengatakan hal yang dilakukannya ini tak lain adalah untuk meningkatkan produksi pangan di Desa Batulawang dalam mendukung terwujudnya swasembada pangan.

(Pendim Ciamis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *