Satgas TMMD ke 111 Terapkan PHBS di Masa PPKM Darurat Covid-19

Banjar – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Desa batulawang Kota Banjar, sudah berjalan 25 hari melaksanakan tugasnya di tiga lokasi sasaran fisik di Dusun Karangsari desa Batulawang. Supaya terhindar dari berbagai virus, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tetap menjadi perhatian para Satgas. 

Pasiter Kodim 0613/Ciamis, Kapten Inf Margono mengatakan, salah satu PHBS yang diterapkan para Satgas adalah rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Untuk itu, pihaknya menyediakan beberapa tempat cuci tangan portable di lokasi sasaran program tersebut.

“Kami sediakan tempat cuci tangan agar mereka menerapkan hidup sehat dan bersih. Seperti mencuci tangan menggunakan sabun sesuai dengan anjuran pemerintah,” kata Kapten Margono.

Selain untuk para Satgas TMMD, lanjut Kapten Margono, Fasilitas ini juga dapat digunakan oleh masyarakat setempat. Dengan demikian, anjuran dari pemerintah untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dapat dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat. Jumat, (09/07/2021)

“Mencuci tangan itu penting. Kami juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat agar setiap ingin melakukan aktivitas atau sebaliknya jangan lupa menggunakan dan mencuci tangan dengan air mengalir,” jelasnya.

Sebagai informasi, Pelaksanaan TMMD ke-111 Desa Batulawang akan berakhir 14 Juli 2021. Selain perbaikan jalan, terdapat beberapa kegiatan fisik lainnya yang menjadi prioritas. Antara lain pembuatan kirmir,pemeliharaan jembatan dan tambahan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Tim Satgas seminggu sekali dilakukan cek suhu dan kesehatannya oleh Anggota Poskes Ciamis dan Dinas Kesehatan Kota Banjar. Seluruh Satgas diberikan vitamin untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit,” pungkas Kapten Margono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *