Cegah Meluas, Babinsa Bersama Nakes Puskesmas Cilacap Tengah 1 Tracking Warganya

Cilacap – Babinsa Lomanis Koramil 01/Cilacap Sertu Catur Pambudi dampingi Tim Nakes dari Puskesmas Cilacap Tengah 1 melaksanakan tracking terhadap warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 di salah satu rumah warga  di  binaannya, Minggu (27/6/21).

Kegiatan yang dipimpin dr.Retno dari Puskesmas Cilacap Tengah 1 tersebut juga diikuti Babikamtibmas Aiptu Marsita, Bidan Kelurahan Lomanis Leni Am.Keb, Kaling Lomanis Chanifudin dan Ketua RT setempat.

Dari keterangan yang dihimpun, pasien yang terkonfirmasi untuk saat ini sedang melaksanakan isolasi mandiri sedangkan warga yang kontak erat dengan pasien yang diperiksa ada 3 orang. Dua diantaranya berdasarkan hasil swab antigen dinyatakan positif dan pada hari berikutnya akan dilanjutkan Swab PCR di Puskesmas Cilacap Tengah 1. Mereka rata rata mengalami keluhan badan panas, pusing dan lemas. Sedangkan satu orang warga telah melaksanakan Swab PCR dan menunggu hasil dari Puskesmas.

“Satu warga sudah di Swab PCR, tetapi untuk hasil masih menunggu dari Puskesmas. Dengan keluhan batuk, sesak nafas, pusing dan tidak ada rasa, dan mulai hari ini pasien dibantu dengan oksigen. Dokter sudah booking ruangan dan rencananya akan dirujuk ke RSUD Cilacap,” terang Babinsa Sertu Catur Pambudi.

Dia juga menjelaskan, pendampingan yang dilakukannya merupakan bentuk pengabdian kepada negara dalam membantu pemerintah memutus penyebaran Covid-19. Sebagai ujung tombak TNI AD, harus bersinergi dengan jajaran terkait baik dengan Babinkamtibmas, Puskesmas setempat dan juga unsur Pemerintah Daerah sebagai Satgas Penanggulangan Covid-19.

“Salah satunya kegiatan ini, kita bersama petugas Puskesmas setempat melacak kontak erat atau tracking dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, hal ini sebagai bagian upaya kita untuk menangani pandemi Covid-19,” Jelasnya.

Dirinya juga menyadari bahwa tugas yang diembannya dapat berpotensi tertular Covid-19, namun hal itu dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan supaya terhindar dari virus corona  tersebut.

“Setiap melaksanakan tugas yang berkaitan dengan kontak erat, kita tetap melaksanakan protokol kesehatan, wajib memakai masker doble untuk aturan pemerintah sekarang ini dan tak hanya tracking, kita juga rutin lakukan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah dan mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan serta mengurangi aktivitas di luar rumah dan untuk pasien yang isolasi mandiri tetap dipantau pagi dan sore oleh pihak Puskesmas Cilacap Tengah 1 melalui via telepon,” Pungkasnya.(Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *