TMMD ke-111, Satlantas Kota Banjar Berikan Sosialisasi Pembuatan SIM

Banjar – Ditlantas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 huruf “h” merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolda. Ditlantas bertugas menyelenggarakan kegiatan lalu lintas diantaranya (Kamseltibcar Lantas) yaitu menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

Untuk menyikapi hal tersebut melalui Kanit Dikyasa yang mana salah satu unsur pelaksanaan tugas pokok yang berada dibawah Kasatlantas yang bertugas melayani administrasi, registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta pengemudi secara continue melakukan sosialisasi SIM, Jum’at (18/06/2021).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai Dusun Karangsari Desa Batulawang dalam rangka mendukung kegiatan TMMD ke 111 yang dilaksanakan oleh Kodim 0613 Ciamis.

Pada sosialisasi, Bripka Ade S selaku Operator simulator SIM menyampaikan bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) Kendaraan Bermotor Perseorangan di Indonesia ada beberapa jenis, diantaranya;

  1. SIM A : Mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan. Beban tidak lebih dari 3.500 kg,
  2. SIM B1: Mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan. Beban boleh lebih dari 3.500 kg, 3. SIM B2: Mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan yang menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan. Beban untuk kereta tempelan atau gandengan boleh lebih dari 1.000 kg.
  3. SIM C: Mengemudikan kendaraan bermotor roda dua dengan kecepatan yang dirancang diatas 40km/jam.
  4. SIM C1: Bagi kendaraan berkapasitas mesin 250-500 cc,
  5. SIM C2: Bagi kendaraan berkapasitas mesin di atas 500 cc,
  6. SIM D: Mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.

Sementara, . Bripka Galih menjelaskan prosedur pembuatan SIM; “Untuk pembuatan sim pemohon datang ke satpas polres dengan membawa Fotokopi KTP, membawa atau membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Selanjutnya di satpas pemohon ambilah formulir lalu isi dengan data yang benar dan lengkap, input data oleh petugas,” tuturnya”.

Tahap selanjutnya yaitu setelah nama anda dipanggil, maka ikutilah serangkaian tes yang diberikan yaitu tes teori dan tes praktik. Selanjutnya setelah dinyatakan lulus dilakukan pengambil foto oleh petugas serta tanda tangan dan pengambilan sidik jari.

“Rangkaian mekanisme pembuatan SIM selesai anda akan diminta menunggu panggilan guna melengkapi tanda tangan, dan pemohon melakukan pembayaran PNBB di bank bri yang ada di satpas, tahap terakhir adalah mengambil SIM,” terang Kanit Dikyasa Bripka Galih.

Selain itu, juga disosialisasikan Smart SIM (surat izin mengemudi) atau SIM Pintar yang memiliki beberapa fitur diantaranya sebagai data forensik, merekam pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik SIM dan sebagai alat pembayaran (bayar tol, berbelanja di minimarket dan membayar denda tilang).

Satlantas Polres Banjar berharap warga masyarakat Desa Batulawang Kecamatan Pataruman pada umumnya dapat mengerti serta taat dan tertib dalam berlalu Lintas. Stop pelanggaran, Stop kecelakaan, Keselamatan untuk kemanusian, semoga selamat sampai tujuan dan keluarga menunggu anda di rumah.(Pendim Ciamis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *