Bantu Bangun Jalan hingga Dianggap Orangtua, Ketika TNI Menginap di Rumah Warga

Banjar – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 wilayah Kodim 0613 Ciamis dilaksanakan di Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Pangandaran mulai Rabu (2/10/2019). Kegiatan ini akan dimulai hingga sebulan ke depan. Pada kegiatan TMMD ini, satu satuan setingkat kompi (SSK) personel TNI akan membangun lima ruas jalan di pelosok desa, pengecoran gelanggang olahraga di kantor desa, hingga rehab rumah tidak layak huni.

Selama pembangunan infrastruktur ini, personel TNI harus menginap di rumah warga. “Dulu TMMD bermalam di tenda-tenda. Sekarang di rumah warga,” jelas Komandan Korem 062 Tarumanagara, Kolonel Inf Muchidin di Desa Batulawang, Jum’at (17/06/2021).

Konsep menginap di rumah warga, kata dia, agar terjalin komunikasi yang lebih erat antara prajurit TNI dengan warga. Para prajurit bisa berbaur dengan warga selama 24 jam. “Diharapkan sebulan ini terjalin hubungan yang erat (antara TNI dengan warga),” jelas Parwito. Kepada warga yang masih remaja, prajurit diharapkan bisa menjadi kakak asuh maupun orangtua asuh.

Dengan hubungan seperti ini, kata Danrem 062/Tn, saat menghadapi permasalahan di satu wilayah, maka komunikasinya bukan antara aparat dengan masyarakat, tetapi sudah seperti orangtua dengan anak.

“Itu sarana yang memudahkan kita menyelesaikan masalah-masalah di daerah,” jelasnya. Parwito menambahkan, misalnya jika suatu saat ada masalah terkait pertahanan keamanan di daerah tersebut, maka tinggal dikirim prajurit-prajurit yang saat ini ikut TMMD. 

“Prajurit yang ikut kan tercatat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *