Peran Kaum Hawa di TMMD Ke-111 Kodim Ciamis

Banjar – TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-111 yang dilaksanakan di Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Progres pembangunan yang dicapai baik fisik maupun non fisik sudah mulai dikerjakan. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dari berbagai komponen masyarakat, yang salah satunya adalah peran aktif ibu-ibu baik perorangan maupun kelompok.

“Peran ibu-ibu dalam mensukseskan TMMD tidak bisa dipandang sebelah mata. Justru mereka multi peran dari pangkal hingga ujung. Merekalah yang membantu menyiapkan logistik dengan memasak di dapur, tapi tidak sedikit dari mereka juga membantu bapak-bapaknya mengangkut material” ungkap Serma Rahmat anggota Satgas TMMD, Rabu (16/06/2021).

Di lokasi TMMD mereka tak segan-segan turut membantu mengangkut material, mendorong troli, menyelesaikan sasaran fisik dan mensuplai kebutuhan makan anggota satgas dan warga yang bekerja. Seperti yang dilakukan Ibu Kamtini (55) Warga Dusun Karangsari Rt 13 Rw 03 Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar Jawa Barat. Mereka berjibaku menyiapkan logistik untuk para anggota Satgas dan warga.

Diungkapkan Ibu Kamtini (55) bahwa sudah sejak dari pelaksanaan Pra TMMD, dirinya dan ibu-ibu lainya membantu memasak , untuk keperluan logistik Pak Tentara dan warga yang tengah kerja di Posko dan lapangan. Semangat kaum wanita dalam menyukseskan TMMD juga terlihat untuk dalam penyelesaian sasaran fisik pembuatan jalan Kirmir.

Untuk diketahui keterlibatan ibu-ibu itu justru mendongkrak semangat Satgas TMMD dan masyarakat yang sedang mengejar target pembangunan. Ini menunjukkan bahwa perempuan berkesempatan yang sama berperan dalam hidup dan kehidupan, tidak ada lagi perbedaan gender, diskriminasi dan sikap pembedaan lainnya.

Retno (52) dan warga lainnya ikut membantu personel TNI yang terlibat dalam program TMMD tersebut.

“Kami juga ingin membantu bapak-bapak tentara bekerja dalam kegiatan TMMD . Saya gak enak kalau jalan atau infrastruktur yang lainya nantinya dinikmati saya hanya melihat saja bapak-bapak TNI dari pagi sampai sore bekerja dengan penuh semangat.

Keberhasilan TMMD tidak bisa hanya mengandalkan peran TNI saja, akan tetapi perlu dukungan dari semua unsur masyarakat yang saling bersinergi termasuk kaum hawa. Selama ini ibu-ibu seringkali hanya dipandang sebelah mata bahkan sering terlewat dari perhatian kita, maka tidak terbantahkan bila ada pepatah yang menyatakan apabila baik perempuannya baik maka baiklah negara tersebut.

(PendimCiamis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *