TNI-Polri patroli cegah karhutla di Kabupaten Kapuas Hulu

Putussibau – Tim gabungan TNI-Polri melaksanakan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jum’at, (11/06/2021)

“Patroli terpadu itu kami laksanakan sebagai upaya antisipasi dan pengendalian karhutla di daerah Bika,” Ucap Dandim 1206/Putussibau Pelda Mulyadi.

Dia mengatakan antisipasi karhutla gencar dilaksanakan di tingkat desa dan kecamatan, mengingat saat ini memasuki musim panas dan tidak lama lagi pembukaan lahan pertanian secara tradisional biasa dilakukan masyarakat.

Selain dilakukan patroli terpadu, dalam berbagai kegiatan, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait dengan pencegahan serta penanggulangan karhutla.

“Sesuai regulasi yang ada pergub dan perbup membuka lahan secara tradisional diperbolehkan, namun ada kategorinya, maksimal dua hektare per kepala keluarga dan wajib melaporkannya kepada aparat desa setempat,” kata dia.

Dia mengatakan karhutla salah satu atensi pimpinan, termasuk adanya instruksi Presiden. Bahkan, apabila ada titik api di daerah akan langsung terpantau satelit.

“Kita tidak bisa bermain-main dengan hot spot karena itu terpantau langsung oleh pusat melalui satelit, jika ada hot spot wajib kita cek ke lokasi dan segera memadamkannya,” ucap dia.

Untuk mencegah karhutla, ia meminta kerja sama semua pihak, terutama tiga pilar, yaitu babinsa, bhabinkamtibmas, serta aparatur desa, serta elemen masyarakat.

“Mesti ada sinergitas untuk mengantisipasi karhutla, apalagi wilayah kita ini cukup luas, saya saja membawahi dua kecamatan dengan jarak tempuh masing-masing desa cukup jauh, jadi kami minta masyarakat juga mendukung dan berperan aktif membantu kita mencegah terjadinya karhutla,” kata dia. (Erk/1206)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *