Rapat Dalam Rangka Serbuan Vaksinasi, Ini Paparan Dandim Cilacap

Cilacap – Komandan Korem (Danrem) 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P dan Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemkab Cilacap dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) Panglima TNI terkait pemantauan program serbuan vaksinasi di wilayah Kabupaten Cilacap, bertempat di Ruang Rapat Jalabumi Setda Kabupaten Cilacap, Jln Jenderal Sudirman No.32 Cilacap, Rabu (2/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danrem 071/WK Kolonel Inf. Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P Dan Kesyah Purwokerto Letkol Ckm dr Markus, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si, Pasop Lanal Mayor Laut (P) Subandi, Karumkit Ban 04.08.01 Cilacap Kapten Ckm. Alfian Heri Triono S, GM Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto, para Asisten Setda Kabupaten Cilacap dan jajaran OPD Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan itu Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P memaparkan terkait rencana kegiatan serbuan Vaksin Covid-19 di wilayah Cilacap (Jateng) bahwa dasar kegiatan adalah instruksi Presiden untuk program vaksinasi covid 19. Vaksin covid 19 diberikan secara gratis dan masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali dan seluruh jajaran kabinet kementerian lembaga dan pemerintah daerah agar memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Memprioritaskan dan relokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis. Presiden menjadi yang pertama mendapat vaksin covid 19 tujuannya untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman, meminta masyarakat untuk terus menjalankan disiplin 3M yaitu memakai masker menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Adapun tujuan vaksinasi adalah menurunkan kesakitan dan kematian akibat covid 19, mencapai kekebalan kelompok untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi,” paparnya.

Selanjutnya, waktu dan tempat pelaksanaan yaitu hari Jumat dan Sabtu tanggal 4 dan 5 Juni 2021, tempat Gedung Patra graha, Patra ria dan GOR avtur (Komplek Pertamina RU IV Cilacap). Sasaran serbuan vaksinasi pada hari Jumat sebanyak 500 orang dan hari Sabtu sebanyak 500 orang dengan Nakes /vaksinator sebanyak 200 orang. Gelombang pelaksanaan vaksinasi split pembagian tempat dan penerima vaksin per hari yaitu di Gedung Patra graha 200 orang, Gedung Patra ria  200 orang,  Gor Avtur 100 orang dengan total/hari 500 orang.

“Secara teknis, alur proses pelaksanaan vaksinasi sesuai SOP dimulai dari Pendaftaran dan verifikasi data kesehatan penerima vaksin, Skrining anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana ( suhu badan, tekanan darah, gula darah), Penentuan kelayakan vaksinasi dan Edukasi vaksinasi. Selanjutnya penyuntikan vaksin, pencatatan jenis nomor batch vaksin, penerima menunggu 30 menit untuk pemantauan kejadian ikutan pasca imunisasi dan setiap penerima diberikan kartu vaksinasi dan penanda,” papar Dandim. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *