Peran Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Dalam Tracking

Silat Hilir – Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhabinkamtibmas serta tim dari puskesmas mendampingi Bidan Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu. Minggu (30/05/21)

Mereka melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif  Covid-19. Peran itu diemban para Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona.

Selama ini, para bidan desa dan tim dari puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Silat hilur untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

Akan tetapi, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak. Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melibatkan TNI dan Polri dalam kegiatan tracing contact.

Aparat ini bisa membantu bidan desa dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. “Yang lakukan tracing dari bidan desa dan tim dari puskesmas dengan didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” kata Koptu Amurah
(Dny/1206)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *