Perjuangan Babinsa Kalis Lewati Medan Sulit Demi Mengetahui Kondisi Warga di Desa Binaanya

Putussibau – Babinsa Koramil 1206-12/Kalis, Koptu Samsuddin bersama Kopda Daniel, memantau kondisi jalan menuju Desa Tapang Da’an dan Desa Nanga Lebangan, wilayah Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, yang cukup memprihatinkan, dimana jembatan di wilayah tersebut hampir semuanya dalam kondisi rusak parah.

Agar tetap dapat sampai ke Desa binaannya tersebut, kedua Babinsa tersebut saling bekerjasama, dengan cara bergantian mendorong sepeda motor yang digunakan mereka, untuk dapat melewati jalan yang rusak parah terutama pada saat musim hujan.
Kopda Daniel mengatakan, para Babinsa Koramil 1206-12/Kalis, selalu melakukan body sistem apabila akan mengunjungi Desa binaannya yang jauh.

Hal tersebut dilakukan karena akses jalan yang cukup sulit dilalui akibat berlumpur ketika hujan. Selain itu, juga bukit-bukit yang terjal dan licin serta jauh dari pemukiman warga.

“Walaupun akses jalan yang tergolong sulit, kami tetap harus meninjau ke desa binaan, agar kami mengetahui keluh kesah warga binaan kami, terutama pasca banjir beberapa hari lalu yang mengakibatkan kerugian bagi warga, sekolahan dan perkantoran ditambah lagi tidak ada jaringan telekomunikasi untuk berkomunikasi. Jadi, kami harus turun langsung,” ujarnya. Jumat (28/05/2021).

Sementara itu, Danramil 1206-12/Kalis, Pelda Mulyadi menuturkan, Babinsa harus selalu mendampingi dan meninjau desa binaannya, karena memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa.

“Meskipun akses jalan yang sulit dan jauh, Babinsa harus tetap meninjau desa binaannya, untuk mengetahui kesulitan-kesulitan warga binaannya, karena sudah tertuang dalam 8 wajib TNI,” ungkap Pelda Mulyadi. (Erk/1206)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *