Pastikan Prokes, Babinsa Jajaran Kodim Cilacap Pantau Sholat Idul Fitri di Desa Binaannya

Cilacap – Demi terciptanya suasana keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang melaksanakan Sholat Idul Fitri1442 H Tahun 2021, Aparat TNI Jajaran Kodim 0703/Cilacap, pastikan pelaksanaan sholat menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Salah satunya yang dilakukan oleh Personil Koramil 10/Gandrungmangu dan Koramil 07/Maos, Kamis (13/5).

Sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri, mereka melakukan pengecekan suhu tubuh para jamaah yang datang ke Masjid, membagikan masker kepada jamaah yang belum membawa masker, mengatur jaga jarak antar jamaah, serta memastikan jamaah yang hadir tidak melebihi kapasitas masjid. Penyelenggaraan sholat Idul Fitri juga disiapkan terpal guna mengantisipasi jamaah yang hadir.

Dalam pelaksanaannya, di wilayah Kecamatan Gandrungmangu, Aparat TNI membagikan masker kepada jamaah sholat yang belum memakai masker. Begitu halnya di Kecamatan Maos, Aparat TNI Koramil 07/Maos menyebar di 10 desa guna memastikan pelaksanaan sholat Idul Fitri sesuai SOP Protokol Kesehatan dan berjalan dengan tertib dan aman.

Hal tersebut diungkapkan Danramil 07/Maos Kapten Inf Suwanto selesai melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Desa Karangjati. Dia mengatakan bahwa dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat di bulan suci ramadhan ini, satuannya meningkatkan kegiatan patroli di malam hari serta pagi hari guna memberikan pengamanan pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

“Selain itu, para Babinsa yang tersebar di masing masing desa binaan juga tetap memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan, karena kita tahu pandemi Covid-19 ini belum berakhir”, ujarnya.

Hal ini diperkuat penjelasan dari Babinsa Karangjati Sertu Tofik Ngatokhurohman. Selain memantau situasi keamanan, dia juga terus memberikan himbauan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Covid 19.

“Termasuk sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini, kita telah menghimbau panitia sholat Idul Fitri agar dalam penyelenggaraan sholat Ied mempersiapkan sarana dan prasarana masjid sesuai protokol kesehatan. Dan juga kepada para jamaah sholat, walaupun kenyataannya, masih kita temui ada yang tidak memakai masker. Kita bagi mereka agar jamaah lainnya dapat melaksanakan ibadah ini dengan aman dan nyaman,” Pungkasnya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *