Babinsa Serda Aris Kurohman Bersama Gapoktan Lakukan Penyemprotan Hama Padi

Cilacap – Saat ini petani di wilayah Karanggedang kecamatan Sidareja sudah memasuki masa tanam (MT) padi, untuk menjaga tanaman padi dari serangan hama maka diperlukan penyemprotan sedini mungkin agar bibit padi dapat tumbuh dengan baik.

Terkait hal itu, Babinsa Koramil 11 Sidareja Serda Aris Kurohman melaksanakan pendampingan pertanian terhadap Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Karya Sejati yang akan melakukan penyemprotan hama penyakit tanaman padi di areal Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kamis (8/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Karanggedang Saryo, Babinsa Karanggedang Serda Aris Kurohman, Petugas POPT Kecamatan Sidareja Tugino, Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Saefudin, Ketua Gapoktan Sumarno bersama petani setempat.

Dalam kesempatan itu, Babinsa Serda Aris Kurohman mengatakan pendampingan TNI dalam hal ini Babinsa terhadap petani di wilayah binaan bukan pertama kali, namun kegiatan ini sudah berjalan seiring program ketahanan pangan nasional khususnya program swasembada pangan pajale (padi, jagung dan kedelai).

“Pendampingan ini terus dilakukan kepada petani, mulai dari masa tanam, masa perawatan sampai panen. Adapun kegiatan yang saat ini kita lakukan bersama teman teman dari PPL maupun Gapoktan bertujuan untuk melindungi tanaman dari hama (OPT) yang berpotensi merusak tanaman padi,” katanya.

Lebih lanjut, di masa awal tanaman padi sangat rentan terserang hama, diharapkan dengan upaya penyemprotan hama ini akan meminimalisir adanya kerusakan tanaman akibat hama tersebut.

“Tentunya kita berharap, dengan turunya Tim POPT maupun PPL akan memberikan pencerahan kepada petani terkait perawatan tanaman padi karena merekalah yang lebih paham tentang mekanisme kegiatan tersebut,” pungkasnya.

R11oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *