Jelang Bulan Puasa, Babinsa Bersama Warga Desa Karangkandri Bersih-bersih Makam

Cilacap – Menjelang pelaksanaan ibadah puasa atau bulan suci ramadhan, umat Islam di berbagai daerah di Indonesia beramai ramai membersihkan tempat pemakaman umum di lingkungannya. Salah satunya yang dilakukan oleh warga RT 07/07 Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Minggu (4/4/21).

Tak ketinggalan Babinsa Karangkandri Koramil 06 Kesugihan Sertu Kusmindar juga turut serta bersama Kepala Desa Karangkandri Ridwannuloh dan Tokoh Agama desa setempat memotori warga untuk kerja bakti membersihkan makam umum yang berlokasi di Jl Duren Desa Karangkandri.

Bersama-sama, mereka menyapu area makam, mencabut rumput hingga mengepel makam. Setelah membersihkan makam keluarga atau orang-orang yang di kasihi, warga juga tak lupa nyekar, memanjatkan doa untuk ahli kubur, dan para leluhur mereka yang sudah berpulang ke Rahmatullah.

Dijelaskan Babinsa Sertu Kusmindar, kegiatan ini merupakan tradisi umat Islam khususnya di Desa Karangkandri sebelum memasuki bulan puasa atau bulan ramadhan. Tradisi ini sudah berjalan sejak dulu dan saya nilai tidak bertentangan dengan syariat Islam jadi boleh dilakukan, dan hal ini perlu dilestarikan karena selain tradisi, tempat pemakaman umum juga menjadi bersih dan tidak terkesan kumuh,” Jelasnya.

Tradisi bersih-bersih jelang bulan puasa jadi pemandangan umum yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Di Kabupaten Cilacap, hampir menyeluruh wilayahnya melakukan kegiatan yang sama. Di Kecamatan Maos tepat ya di Desa Karangreja, kegiatan kerja bakti pembersihan bmaksm juga dilakukan. Dalam kegiatan ini Babinsa setempat juga turut serta terlibat untuk memotori warga binaannya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *