Susuri Sungai Citanduy, Kodim 0613/Ciamis Ajak Kepedulian Warga Terhadap Lingkungan

Ciamis – Prajurit TNI Angkatan Darat Komando Distrik Militer 0613/Ciamis melaksanakan kegiatan olahraga arum jeram di kawasan Sungai Citanduy di wilayah Kabupaten Ciamis. Pengarungan dilakukan sepanjang 8 kilometer yang dimulai dari Desa Cihalarang dan finish di Objek Wisata Ciung Wanara Desa Karangkamulyan pada Kamis (1 April 2021).

Kegiatan olahraga arum jeram itu, Kodim 0613/Ciamis bersinergi dengan BPBD Kabupaten Ciamis, Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, PDAM Tirta Galuh Ciamis, dan Mahasiswa Universitas Galuh. Kegiatan susur sungai ini dalam rangka untuk melihat kondisi kawasan sungai di wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis. 

Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengatakan, kegiatan susur sungai ini dilaksanakan sesuai dengan petunjuk komando atas dalam hal ini Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar. Ini dilakukan dalam rangka untuk mengecek kondisi sungai di wilayah masing-masing dalam hal ini Sungai Citanduy.

“Kondisi Sungai Citanduy relatif bersih, terlebih debit air sungai saat ini sedang tinggi. Namun kamis masih menemukan beberapa sampah di kawasan bantaran sungai Citanduy,” kata Dandim.

Sebagai bentuk tindak lanjut, kata Letkol Czi Dadan, Kodim 0613/Ciamis akan memberikan sosialisasi tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu diadakan kegiatan bersih sampah di bantaran sungai Citanduy.

“Semoga sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran warga untuk peduli terhadap lingkungan, khususnya di wilayah bantaran sungai Citanduy. Sehingga tidak ada sampah yang menumpuk di sungai, dan mencegah terjadinya bencana alam banjir,” tutur Letkol Czi Dadan.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Kita cinta alam, insya allah alam akan menjaga kita,” imbuhnya.

Selain kegiatan susur sungai, Kodim 0613/Ciamis bekerjasama dengan PDAM Tirta Galuh Ciamis membagikan paket sembako kepada warga di sekitar bantaran sungai Citanduy. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di tengah masa pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut diikuti langsung oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Kepala Pelaksana BPBP Kabupaten Ciamis, Kabid Sosial Dinsos Kabupaten Ciamis, Kasdim 0613/Ciamis Mayor Arh Wilde Pangalerang, dan Para Pasi serta Danramil di wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis khususnya di Kabupaten Ciamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *