Kodim Cilacap Gelar Tes Kesemaptaan Periodik I Tahun 2021

Cilacap – Sesuai perintah Komando Atas terkait pembinaan personel khususnya bidang jasmani, Kodim 0703 Cilacap menggelar Tes Kesemaptaan Periodik I Tahun 2021, bertempat di Stadion Wijayakusuma Cilacap, Jln. Doktor Rajiman, No. 65 Cilacap Utara.

Pelaksanaan Tes Kesemaptaan Periodik maju lebih awal dari jadwal kalender latihan, dengan mempertimbangkan berbagai kondisi dimana saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk melaksanakannya. Adapun pelaksanaan selama 2 hari, mulai hari ini, Rabu dan Kamis (24-25/03/2021).

Kegiatan diikuti oleh seluruh prajurit TNI Kodim 0703 Cilacap dan Balak Jajaran antara lain Sub Denpom Cilacap dan Minvetcad Cilacap, baik itu yang berpangkat Perwira, Bintara maupun Tamtama. Secara teknis pelaksanaan diatur masing-masing Satuan atau bagian dalam 2 gelombang disesuaikan kekuatan personel di Satuan masing-masing.

Dalam kesemapatan itu, Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo yang turut memantau jalanya kegiatan mengatakan Tes Kesemaptaan merupakan program Satuan yang dilakukan secara periodik tiap semester. Hasil dari tes Kesemaptaan periodik dapat dijadikan sebagai parameter kesemaptaan seorang prajurit, sejauh mana pembinaan fisik atau jasmani yang sudah dilakukan.

“Namun kami mengingatkan, bahwa peserta semapta ini kan banyak prajurit kewilayahan (Koramil) yang notabene saat ini di masa pandemi banyak mengikuti kegiatan di wilayah, mulai dari operasi yustisi, tracer, pendampingan vaksin dan lainya dan tentunya pembinaan fisik jadi berkurang. Untuk itu ikuti prosedur yang ada, terutama pemeriksaan kesehatan, apabila kondisi kurang sehat segera lapor kepada koordinator,” katanya.

Sementara itu, Kepala Jasmani Korem 071/WK melalui Bintara Jasmani (Bajas) Sertu Irwan menjelaskan terkait pelaksanaan kegiatan Garjas Periodik I Tahun 2021 di Satuan Kodim 0703/Cilacap, dirinya menekankan agar para peserta melaksanakan kegiatan dengan baik sesuai dengan kemampuan dan menjaga keamanan personel masing masing.

Tes Kesemaptaan terdiri dari tes kesegaran “A” yaitu lari dengan durasi 12 menit dan tes kesegaran “B” yang terdiri dari gerakan Pull Up, Sit Up Twist, Push Up, Lunges, dan Shuttle Run.

“Dalam melaksanakan kegiatan Semapta yang mengetahui kondisi kesehatan adalah diri kita masing masing, maka apabila bagi anggota yang tidak kuat agar segera melaporkan ke Tim Kesehatan. Faktor keselamatan personel adalah yang diutamakan, masalah hasil tes apabila merasa masih kurang bisa dilakukan pembinaan lebih lanjut,” jelasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *