Dandim 0703/Cilacap Didampingi Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kunjungi Koramil Jajarannya

Cilacap – Jalin silaturahmi dengan seluruh anggota TNI dan Persitnya, Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Ny. Ninda Andi Afandi, kunjungi Koramil Koramil Jajarannya. Dalam kesempatan pertama Senin (22/3/2021), Koramil yang dikunjunginya adalah Koramil 17/Dayaehluhur, Koramil 16/Wanareja dan Koramil 13/Majenang.

Dalam kunjungannya tersebut, Dandim beserta Ketua Persit merasa senang karena bisa langsung bertatap muka dan bisa bersilaturahmi dengan seluruh anggota, Persit, PNS serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di beberapa wilayah yang dikunjunginya. Terlebih saat Danramil Jajarannya menjelaskan mengenai kondisi anggota dan Persitnya, serta luas dan kondisi wilayah yang menjadi tanggungjawabnya serta sinergitas yang telah terjalin baik diantara seluruh elemen masyarakat di wilayahnya.

Di kesempatan kunjungannya itu, orang nomer satu di Jajaran TNI AD di Satuan Kewilayahan di wilayah Kabupaten Cilacap ini dalam sambutannya menjelaskan tentang maksud dan tujuan mengunjungi Koramil Jajarannya. Menurut Dandim, kunjungan kerja yang terbaik bukan mengenai retorika pemimpinnya, akan tetapi ada yang harus diutarakan antara bawahan dan pemimpinnya. Kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan tatap muka, bukan kepemimpinan populer dan bukan jargon. karena disitu kita itu tentara.

Bagaimana Dandim bisa tahu kalau Koramil itu wilayahnya jauh, Bagaimana Dandim bisa tahu kalau Danramil dan Babinsanya ada masalah. Untuk itu melalui tatap muka ini kita bisa mengetahui kondisi dan keadaan prajurit dan keluarganya serta kondisi wilayahnya,” ungkap Dandim.

Terkait penguasaaan wilayahnya, Dandim mengajak seluruh Babinsa untuk menguasai kondisi dan keadaan wilayah binaannya dengan baik. Baik dari segi Ipoleksosbud hankam maupun Deogemo komsosnya. Sebagai Babinsa harus tahu kondisi wilayahnya, deteksi dini, komunikasi yang baik dan lapor cepat kuasai wilayah yang baik, kuasai wilayahnya, loyalitas tegak lurus, pedomani Sapta marga dan 8 wajib TNI. Jaga nama baik TNI,” Tegasnya.

“Marilah kita berbuat yang terbaik sesuai tupoksinya masing masing. Dandim, jadilah Dandim yang baik, Danramil jadiah Danramil yang baik, Babinsa jadilah Babinsa yang baik. Berbuat terbaik bagi keluarga, satuan dan lingkungannya,” ajak Letkol Inf Andi Afandi.

Selain hal tersebut diatas, menurut Dandim, dibalik kesuksesan seorang suami, di situ ada peranan istri yang sangat besar. nya pondasi yang kuat adalah rumah tangga yang harmonis, saking keterbukaan dan saling suport antar keduanya. Kalau hal itu bisa dilakukan itulah halnya seorang pemimpin,,” Ucapnya.

Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dan keharmonisan dalam keluarga. Tantangan pasti ada namun apabila selalu kompak maka segala tantangan bisa dihadapi. Tempat terbaik kita adalah kumpul bersama keluarga. Pesan terakhir, apabila ada persoalan persoalan, saya sebagai Dandim, buka ruang komunikasi, laporkan secara herarki, loyalitas dan wajib lapor. Kita sebagai anak wajib lapor kepada pemimpinnya,” pungkasnya.

Selain Dandim, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Ninda Andi Afandi dalam kesempatan itu juga memperkenalkan diri dihadapan seluruh anggota Persitnya. Menjabat kurang lebih 3 bulan, ada kebijakan kebijakan kepimpinanannya yang harus diikuti oleh seluruh anggotanya. Diantaranya kebijakannya yaitu mengenai perijinan, karena menurutnya satuan kodim lain dengan satuan di Batalyon.

Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, menyesuaikan diri dengan aturan sipil tanpa mengurang hak hal yang positif yang kita miliki dari baju hijau yang kita pakai yaitu Persit. Saya berpesan, agar saling menghargai antara senior dan juniornya, komunikasi yang baik, Persit harus kompak dan solid,” pungkasnya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *