Pra TMMD, Dandim 0703/Cilacap Meninjau Lokasi TMMD di Desa Karangkemiri

Cilacap – Sebelum pelaksanaan program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I dibuka, Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P meninjau lokasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Karangkemiri, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Rabu (24/2/21).

Kedatangannya didampingi Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, Pasiter Kapten Inf Saidin, Pasiops Kapten Chb Sutarman, S.H., dan Danunit Letda Inf. Herdiansyah. Sebelum ke lokasi, Dandim beserta rombongan singgah di Balai Desa Karangkemiri dan disambut unsur Forkopincam Jeruklegi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Ibu Purwati, Kepala Dispermades Cilacap bapak Arifin SR, S.H., M.M dan Kepala Desa Karangkemiri Kuswadi beserta Staf dan Kelompok PKK desa setempat.

Usai beramah tamah dengan unsur Forkopincam dan Perangkat Desa Karangkemiri, Dandim beserta rombongan meninjau lokasi sasaran fisik pembangunan jalan sepanjang 1.500 meter yang rencananya akan dibangun melalui program TMMD. Di pra kegiatan TMMD ini, prajurit TNI bersama warga setempat telah melakukan pendahuluan dengan menggelar material batu dan pasir, bahkan sudah sebagian sasaran telah tergelar.

Sebagai ungkapan rasa syukur desanya menjadi sasaran program TMMD, sekaligus selamatan akan di mulainya kegiatan TMMD, Kepala Desa Karangkemiri dalam kesempatan tersebut menggelar syukuran dan doa keselamatan agar dalam pelaksanaan kegiatan TMMD nanti berjalan dengan aman dan lancar.

Diawal sambutannya, Kepala Desa Kuswadi terlebih dahulu mengungkapkan silsilah berdirinya Desa Karangkemiri dimana di titik nol sasaran pembangunan jalan tersebut dahulunya merupakan Dusun Julangmangu dan cikal bajal berdirinya Desa Karangkemiri. Dia juga menjelaskan bahwa desanya mendapatkan anggaran PUPR sebanyak 10 Milyar yang di peruntukan untuk embung dan daerah wisata sehingga Program TMMD bisa disingkronkan dengan program dari Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Acara TMMD dengan program desa kami, Alhamdulillah sinkron dengan Pemerintah Kabupaten dan TNI AD dalam hal ini Kodim 0703/Cilacap untuk membangun desa kami. Semoga kedepannya, dusun Julangmangu bisa kembali tercipta seperti jaman dahulu kala,”Kata Kuswadi.

Sementara itu, Dandim Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P dalam kesempatan itu mengungkapkan apresiasinya atas sambutan dan antusias warga Desa Karangkemiri. Dia berharap silaturahmi ini terus berlanjut dan berkesinambungan sebagai investasi kebaikan yang harus dilestarikan. Dandim juga menjelaskan, program TMMD adalah sifatnya permintaan dari bawah ke atas dan dikolaborasikan melalui dana APBN dan selanjutnya di rencanakan secara matang, dan pembangunan harus menyentuh baik fisik ataupun non fisik.

“Bagaimanapun pembangunan adalah diawali dengan Pra, harapannya sebelum jatuh hari dimulai pelaksanaan TMMD sudah tercapai hasil yang kita harapkan. Kegiatan TMMD diharapkan harus menyentuh untuk menunjang aspek pembangunan dan mampu meningkatkan perekonomian suatu wilayah, sebagai koneksi bisa terakomodir penghubung dengan desa yang lain,’ Jelasnya.

Keamanan dan keselamatan sangat penting dan diharapkan pelaksanaan TMMD bisa tercapai dengan yang direncanakan dan diharapkan. Sekali lagi saya salut dan apresiasi kepada semua pihak antusiasnya sangat luar biasa dalam pelaksanaan TMMD ini. Kami Kodim dan jajaranya adalah keluarga besar, untuk itu mari bersama sama sinergi untuk menjalin komunikasi dan sinergi dan hangat,” Pungkasnya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *