Pasilog Kodim 0703/Cilacap Hadiri Muscab HSNI Kabupaten Cilacap

Cilacap – Komandan Kodim 0703/Cilacap dalam hal ini diwakili Pasilog Kapten Cba. Drs. Gunawan Wisasmita menghadiri Musyawarah Cabang Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kabupaten Cilacap yang digelar di Gedung DPC HNSI, Jl. Lingkar Timur No. 1, Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Selasa (15/12/20).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPD HNSI Propinsi Jateng H A.G. Supeno, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Ditiasa Pradipta, S.H., M.Si., Pasilog Kodim 0703/Cilacap Kapten Cba. Drs. Gunawan Wisasmita, Paspotmar Lanal Cilacap Kapten Laut (PM) Eko Budi S., Satpolair Polres Cilacap Ipda. Santoso, Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, Ketua DPC HNSI periode 2015 -2020 Sarjono, PPSC Ari Rahsan, PSDKP Cilacap Sugiono, Ketua KUD Minosaroyo Cilacap Untung Jayanto dan Perwakilan BUMN dan BUMD Cilacap serta unsur Forkompimcam Cilacap Selatan dan Para Ketua Rukun Nelayan beserta anggota nelayan HNSI Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut, Sarjono selaku Ketua DPC HNSI periode 2015 -2020 mengatakan bahwa Musyawarah Cabang Cilacap tahun 2020-2025 ini guna memenuhi amanat Anggaran Dasar HNSI pasal 11 ayat 2 dan Anggaran Rumah Tangga bab 3 pasal 16 bab 8 bab 11 dan 12 Pasal 43. Selain itu juga guna perampingan sehingga pemilihan personil pengurus adalah mengedepankan orang-orang yang bersinggungan langsung dengan nelayan dengan harapan semua pengurus benar-benar mengetahui permasalahan dalam mengemban tugas-tugas organisasi, adapun moto kerja HNSI Cilacap.

Atas kerjasama yang baik antara pengurus dan dukungan berbagai pihak walaupun ada keterlambatan waktu karena pandemik dan lain-lain, alhamdulillah pada hari ini Selasa tanggal 15 Desember 2020 kami dapat melaksanakan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yaitu melaksanakan musyawarah cabang atau Muscab Kabupaten Cilacap,” Ucapnya.

Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dari kita semua, dan program berikutnya adalah konsolidasi dan revitalisasi Tim Penolong Kecelakaan Laut atau yang disebut TPKL Wijayakusuma sebagai tim SAR khusus untuk para nelayan. Tugas TPKL sangat berat untuk itu diperlukan TPKL yang handal, profesional dalam mengemban misi pertolongan tanpa pamrih, perlu dikonsolidasikan dengan dilatih secara bertahap dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai,” pungkasnya.

Ketua DPD HNSI Propinsi Jateng H A.G. Supeno dalam sambutannya berharap, Muscab ini dapat berlangsung dengan tertib aman lancar dan menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi organisasi dikarenakan saat ini nelayan menghadapi banyak kendala terutama masalah pendapatan, kesejahteraan nelayan masih kurang memadai yang disebabkan antara lain karena potensi sumber daya ikan yang ada terbatas sedang pemanfaatannya semakin meningkat. sehingga perlu fisik untuk menjaga perairan lepas pantai. Hal tersebut menurutnya juga terkendala dengan modal untuk pengadaan sarana dan prasarana.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Ditiasa Pradipta, S.H., M.Si. juga berharap HNSI akan semakin memantapkan dan meningkatkan keberadaannya guna membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan terutama di bidang perikanan. Untuk itu juga harus mampu merumuskan strategi yang bermanfaat bagi kemajuan nelayan di Kabupaten Cilacap.

Pada kesempatan ini sangat tepat untuk melakukan evaluasi, sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dan apa yang perlu kita tindaklanjuti dan perlu kita evaluasi, karena secara umum tidak semua organisasi pandai melaksanakan amanat organisasi sebagai Mitra pemerintah dalam mensukseskan program pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama kesejahteraan nelayan,” Ucapnya.

Diakhir kegiatan dilaksanakan pemilihan Ketua HSNI Kabupaten Cilacap untuk periode 2020-2025 di mana Sarjono kembali terpilih menjadi Ketua HNSI masa bakti 2020- 2025 dan susunan kepengurusannya. Urip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *