Curah Hujan Tinggi, Tanggul Sungai Citandui Erosi dan Meluap ke Pemukiman Warga

Cilacap – Luapan air akibat curah hujan mengakibatkan sisi atau tanggul pada sebagian jalur lintas air sungai Citandui di Dusun Cibungur RT 03 dan RT 04 RW 16 Desa Wanareja Kecamatan Wanareja, tidak tertahan lagi, dan mengakibatkan erosi sehingga air meluap dan menggenangi persawahan serta rumah warga, dengan tinggi luapan air kurang lebih 40 cm, Selasa (15/12/2020).

Babinsa Wanareja Koramil 16/Wanareja Sertu Agus S. melakukan monitoring atau cek lokasi di daerah binaan khususnya yang terdampak banjir yaitu di Dusun Cibungur RT 03 dan 04 RW 16 Desa Wanareja.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sesuai fakta dan analisa data kerugian sementara di Dusun Cibungur kerugian untuk personil nihil, namun pemukiman warga ada sekitar kurang lebih 45 rumah terendam air dengan ketinggian air 40 cm. Untuk materiil, rata – rata kondisi persawahan yang sudah ditanami padi, tergenang air dan menggenangi hampir 20 hektar persawahan milik warga.

“Semua data ini sudah kita laporkan ke Komando Atas dan kita juga sudah melakukan koordinasi dengan perangkat desa setempat dan instansi terkait dalam rangka membantu warga terdampak banjir,” terang Babinsa Sertu Agus.

Selain monitoring perkembangan situasi di lokasi banjir, kita juga menginformasikan kepada warga masyarakat di Dusun Cibungur ini untuk persiapan evakuasi apabila diperlukan, khususnya bagi rumah yang terdampak langsung,” Pungkasnya. Rk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *